'Gunung Durian' Diacara Sedekah Bumi di Jember Jadi Pusat Perhatian

Foto: Gunung durian diacara sedekah bumi di jember
1431
ad

MEMOonline.co.id, Jember – Ratusan ribu buah durian yang sengaja ditata menyerupai sebuah gunung pada acara sedekah bumi di Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Sabtu (31/3/2018) siang, menjadi pusat perhatian warga.

Hal itu dikarenakan, durian yang dibawa ribuan warga tersebut, disusun sangat unik, hingga hampir menyerupai sebuah gunung.

Sekretaris Dewan Kesenian Jember (DKJ) Iwan Kusuma mengatakan, bahwa acara tersebut selain sebagai wujud rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah.

"Khusus daerah Kecamatan Sumberjambe ini, sangat kaya dengan potensi durian. Nah, kami dari DKJ mencoba memfasilitasi acara ini hingga terselenggara hari ini," kata Iwan, DKJ Jember.

Aktivis seni Kabupaten Jember ini menyebut, ada sekitar 100.000 buah durian yang dibawa oleh masyarakat dari berbagai desa, yang tersebar di kecamatan tersebut.

"Durian Jamber Arum, Plerean, Rowosari, Pringgondani dan desa lain yang memiliki cita rasa berbeda, sesuai dengan kontur dan letak geoggrafisnya. Silahkan datang, acaranya masih berlangsung sampai besok. Makan durian gratis dan bazar murah juga," jelasnya.

Alumni Mahasiswa Universitas Jember ini berharap, dengan adanya acara tersebut diharapkan mampu mengangkat potensi daearah sekitar untuk lebih dikenal.

Salah seorang petani durian Jambearum Sumberjambe, Fira mengatakan bahwa acara tersebut sangat menguntungkan bagi petani durian.

"Selain kita bisa bersedekah, kita juga bisa memasarkan durian andalan kita untuk bisa dijual di acara tersebut. Semoga terus ada, jaman Bupati Jalal acara ini sudah ada, sekarang kembali diadakan," tukasnya.

Pemenang Juara 2 festival kontes piala PWI Jember beberapa waktu lalu itu juga mengatakan, durian yang dia bawa kali ini juga yang spesial seperti ajang sebelumnya.

"Dulu kami Juara 2 di piala PWI Jember, sekarang saya bawa lagi, namanya 'si museng' silahkan datang ke stand saya, harganya bersahabat," pintanya.

Sebelumnya, pada peringatan (Hari Ulang Tahun) HUT PWI dan HPN ke-72 acara serupa juga digelar, yaitu acara festival durian dan makan durian gratis. (Gio/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

MEMOonline.co.id, Sampang- S inisial (54), seorang perempuan warga desa Blu'uran, kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur...

Komentar