Tahun Depan, Kepulauan Kabupaten Sumenep Direncanakan Terang Benderang

Foto: Jajaran Direksi PT. PLN Persero. Direktur Distribusi Adi Prianto (kiri) dan General Manajer Distribusi Jawa Timur Lasiran (kanan)
1476
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Tahun 2024 nanti Kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep akan terang benderang dengan tersedianya pasokan listrik untuk daerah kepulauan.

Hal itu disampaikan Direktur distribusi PT PLN Persero Adi Prianto di sela kegiatan Sumenep E-bike Festival 2023 Touring 20km Sepeda dan Sepeda Motor Listrik di Taman Bunga, Alun-alun Sumenep, Minggu (11/6/2023).

Menurutnya dari 78 pulau dengan 47 pulau berpenghuni di Kabupaten Sumenep, PLN akan menyediakan pasokan listrik dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Baterai.

"Dari 47 Pulau berpenghuni yang menjadi target pasokan listrik, 11 pulau telah dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), 30 pulau lainnya, dengan rincian 14 pulau dibangun PLTD dan PLTS. Sedangkan 16 pulau masih dalam proses pembangunan," ungkap pria yang akrab di sapa Adi.

Pihaknya menyebut, 16 pulau yang sedang dalam proses pembangunan pembangkit listrik di target hingga akhir tahun 2023.

Tidak hanya itu, pihaknya mengaku salut kepada Bupati Sumenep yang berkeinginan mencanangkan motor listrik dengan sumber PLTS di daerah kepulauan.

"Saya salut dengan program bapak bupati yang mencanangkan Pulau Gili Iyang sebagai pulau percontohan untuk menggunakan sepeda dan sepeda motor listrik," jelasnya.

Pulau Gili Iyang yang dikenal sebagai pulau dengan kadar oksigen terbaik di dunia, diharapkan terus dapat dipertahankan dengan cara penggunaan sepeda dan sepeda motor listrik untuk mengurangi asap kendaraan.

Sementara itu General Manajer PT PLN Persero Distribusi Jawa Timur Lasiran, menjelaskan jika daerah kepulauan sudah menjadi target program PLN.

"Akhir tahun 2023 pasokan listrik berupa PLTD dan PLTS akan terpenuhi. Target kami tahun 2024 kepulauan Sumenep akan mendapatkan pasokan listrik 24jam," imbuhnya.

Dalam menjalankan programnya, anggaran tahun 2023 ini PLN telah membangun PLTS untuk kepulauan Gili Raja dan Masalembu.

Penulis     :    Gita Larasati

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

MEMOonline.co.id, Sampang- S inisial (54), seorang perempuan warga desa Blu'uran, kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur...

Komentar