Bangkitkan Semangat Gotong Royong Pemdes Tegalrejo Bersihkan Lingkungan, Nunung: Kebersihan Sebagian Dari Iman

Foto: Warga dan aparatur desa saat bersih-bersih di lingkungan barat kebun pemukiman warga
1647
ad

MEMOonline.co.id. Jember - Jum'at (16/6/2023), Semangat gotong royong warga di Lingkungan Barat Kebun, Dusun Damsola, Desa Tegalrejo, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, melakukan bersih-bersih di lingkungan setempat.

Dalam kegiatan itu Kepala Desa Tegalrejo Nunung Adikontesa beserta aparatur desa bersama-sama dengan wargabnbjj melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan badan jalan dari sampah-sampah.

Tak hanya itu rumput-rumput yang berserakan dan menutupi saluran air drainase disepanjang pinggir jalan, hal ini dilakukan supaya pinggir jalan agak nampak kelihatan bersih.

Kegiatan tersebut dilakukan karena kebersihan dianggap menjadi impian setiap orang tujuan untuk memberi contoh kepada warga bagaimana cara untuk hidup bermasyarakat yaitu bergotong royong dalam berbagai hal yang bersifat positif.

Kepala Desa (kades) Nunung mengatakan, dengan cara bersih-bersih, masyarakat bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi, sehingga akan indah jika dilihat, serta masyarakat yang tinggal bisa merasa nyaman.

Selain menjalin rasa gotong royong antar aparat dan masyarakat, kegiatan seperti ini juga menjadi salah satu cara menjalin silaturahmi dengan masyarakat, seringnya bersama-sama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

"Hari ini kami Bersih-bersih gotong royong di Damsola tepatnya di barat kebun membuat jalan tempus dan sekaligus silaturahmi dan menumbuhkan semangat gotong royong," katanya.

Kata dia, sudah selayaknya kebersihan lingkungan diajarkan sejak dini. Agar masyarakat, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua bisa bertanggungjawab terhadap kebersihan bersama.

"Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, kita lakukan setiap hari jumat bergantian antar dusun,"jelasnya.

Selain itu menurut dia upaya bersih-bersih sudah dianjurkan dalam agama. Bahkan, kata dia, dalam Agama Islam kebersihan merupakan sebagian dari iman.

"Di agama islam pun kita di ajarkan untuk selalu hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagian sebagian dari iman," tukasnya.

Penulis     :    Zainullah

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

 
ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar