Dinsos P3A Sumenep Gelar Bimbingan Sosial Bagi Keluarga PMKS dan Penyerahan Bantuan Untuk Eks Pasung

Foto: Dinsos P3A Sumenep saat menggelar bimbingan sosial kepada keluarga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).
1314
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Sumenep menggelar acara Bimbingan Sosial (Bimsos) kepada keluarga Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMK) lainnya bukan korban HIV/AIDS dan Napza, Senin (26/6/2023).

Selain Bimsos PMKS, juga dilaksanakan pemberian bantuan berupa sembako bagi mantan korban pasung. Kegiatan ini berlangsung di Aula Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumenep, di Jalan Asoka Kota Sumenep.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinsos P3A Drs. Achmad Dzulkarnain menyampaikan melalui Plt Sekretaris nya, Drs. Fajarisman mengatakan, kegiatan Bimbingan Sosial dan pemberian bantuan sembako bagi eks Pasung adalah wujud dari rasa syukur Pemerintah (Dinsos P3A) karena masih diberi kesempatan bisa silaturrahmi dan bertemu langsung dengan keluarga PMKS dan Eks Pasung.

"Salah satu kepedulian pemerintah daerah saat ini yakni terus memantau perkembangan masyarakat, khususnya bagi para keluarga Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan eks pasung" katanya.

Plt Sekretaris Dinsos P3A Sumenep itu juga menyampaikan, terkait PMKS dan eks Pasung maupun persoalan sosial lainnya, terus mengalami trend peningkatan yang cukup baik. Sehingga hal ini akan semakin memudahkan pemerintah untuk terus melakukan pemantauan dan bimbingan, baik melalui TKSK maupun pihak lainnya yang terlibat.

"Alhamdulillah, persoalan sosial di tengah masyarakat kita terus mengalami perkembangan yang cukup baik, dan terus meningkat pada penyelesaian persoalan kesenjangan sosial di bawah. Ini bukti, bahwa pemerintah terus bekerja" ungkapnya.

Fajar sapaan akrab Kabid Rehsos yang kini menjabat Plt Sekretaris Dinsos P3A Sumenep itu tidak lupa menghaturkan banyak terimakasih kepada para Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) banyak terimakasih atas kerjasamanya selama ini, termasuk pula pihak yang terlibat di dalam pengentasan persoalan sosial di Kabupaten Sumenep.

"TKSK juga berperan terus memberikan kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami persoalan sosial. Tentu ini semua adalah langkah yang harus terus dipertahankan, sehingga akan semakin terasa manfaatnya bagi seluruh masyarakat" ujarnya.

Kepada para peserta Bimbingan Sosial (Bimsos) dan eks pasung, Plt Sekretaris Dinsos P3A Sumenep juga menyampaikan bahwa dalam penyerahan bantuan nanti, jangan dilihat dari besar kecilnya bantuan tersebut. Namun bagaimana kepedulian akan terus berkesinambungan.

'Mohon maaf, atas kepedulian ini sekalipun sedikit kami tetap berharap ini akan bermanfaat. Yg penting bapak ibu tetap sehat, dan kami juga sudah berupaya agar tahun depan kami berupaya meningkatkan ini terus" pungkasnya.

Salah seorang narasumber dari Biro psikologis humanis Chairunnisa dalam pemaparan materinya menjelaskan, jika salah seorang keluarga mengalami ODGJ (Orang Dalam Gangguan Kejiwaan) perlu dilakukan perawatan.

"Jika salah satu anggota keluarga mengalami ODGJ sebaiknya diarahkan untuk dilakukan perawatan Rumah Sakit (RS) atau ke Dinas Sosial," ujarnya.

Sementara wanita yang ketap dipanggil Nisa ini menjelaskan untuk menjaga keluarga memiliki mental yang sehat diperlukan kasih sayang dan ikatan emosional yang perlu dibangun dalam sebuah keluarga.

Sebagai informasi, dalam kegiatan Bimsos dan pemberian bantuan tersebut, Dinsos P3A Sumenep menghadirkan tiga orag pemateri, yakni dari pihak RSUD dr H Moh Anwar, yang dihadiri Dokter Utomo, kemudian DPMD diwakili Moh.Romli dan dari Psikolog.

Penulis     :    Gita Larasati

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

MEMOonline.co.id, Sampang- S inisial (54), seorang perempuan warga desa Blu'uran, kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur...

Komentar