Peringati Hardiknas 2018, MGMP SMP Swasta Bondowoso Gelar Pelatihan Penulisan Soal

Foto: MGMP SMP Swasta Bondowoso
1287
ad

MEMOonline.co.id, Bondowoso – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, Puluhan guru SMP swasta Kabupaten Bondowoso, mengikuti pelatihan penulisan soal terstandar. Acara dilaksanakan hari Rabu (2/5/2018) oleh MGMP Bahasa Indonesia SMP swasta Kabupaten Bondowoso, di Aula SMP Katolik Indra Prastha Bondowoso.

Acara dihadiri pembina MGMP Bahasa Indonesia, Ibu Iin Nurhasanah, S.Pd., M.Pd., Ketua MGMP Ibu Debrina Nursanti, S.Pd., dan puluhan peserta yang merupakan guru SMP swasta berbagai mata pelajaran di Bondowoso.

Hadir selaku pemateri adalah Mohammad Hairul, S.Pd., M.Pd, guru SMPN 1 Klabang, sekaligus Ketua IGI (Ikatan Guru Indonesia) kabupaten Bondowoso, yang juga merupakan tim penulis dan perevisi soal Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemdikbud.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk memahirkan guru SMP swasta agar kemampuannya berkembang seiring kemajuan pendidikan ”, ungkap Ibu Debrina selaku ketua panitia sekaligus ketua MGMP bahasa Indonesia SMP swasta Bondowoso.

Menurut Debrina di SMP swasta banyak guru yang masih baru lulus, masih muda, potensial, namun masih butuh banyak terus belajar.

Ibu Iin Nurhasanah selaku pembina MGMP menyampaikan bahwa saat ini pembuatan soal sudah harus berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill).

“Di banyak kesempatan berkali-kali saya sampaikan bahwa tidak ada istilah berhenti untuk belajar. Termasuk guru, harus terus berupaya meng-upgrade pengetahuan dan kemampuannya,” paparnya.

Selaku pemateri, Mohammad Hairul, S.Pd., M.Pd., memaparkan kaidah-kaidah yang harus diperhatikan guru saat menulis soal.  Terlebih jika soal itu digunakan secara massal dalam lingkup yang luas.

“Secara umum ada tiga aspek yang mesti diperhatikan, yakni aspek materi, aspek konstruksi, dan aspek bahasa”, ungkap Hairul.

Sedangkan terkait soal berbasis HOTS, Hairul menyampaikan bahwa sebelum penggunaan soal berbasis HOTS harus dipastikan dulu bahwa pembelaran di kelas juga sudah pembelajaran yang mengimplementasikan berpikir tingkat tinggi.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB itupun berakhir pukul 12.00 WIB. Secara umum acara berjalan lancar, antusias, dan penuh khidmat. Sebagai tindak lanjut, peserta kemudian akan menjadi tim penulis soal MGMP untuk ujian semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang pelaksanaannya sekitar bulan Juni.

Pewarta : Arik

Udiens   : Udiens

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Pemerintah Desa (Pemdes) Panca Karya, Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar karnaval budaya sebagai...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Albany Pasya, seorang pemuda 21 tahun yang sedang berfokus pada pelestarian budaya . Sebuah program “BBC atau Be Bright...

MEMOonline.co.id, Sumenep- KPU Sumenep resmi mengumumkan hasil verifikasi administrasi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep pada Sabtu...

MEMOonline.co.id, Jember- Bagi masyarakat yang memiliki anak penyandang disabilitas juga tidak perlu minder, tumbuhkan kepercayaan diri pada mereka...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Setelah sekian lama publik bertanya-tanya siapa gerangan oknum Event Organizer (EO) pemborong ratusan event di Kalender...

Komentar