Tak Perlu Diragukan, Persahabatan Anies Baswedan Dengan Ulama Dunia Makin Mesra

Foto: Anies Baswedan saat berada di Makkah al-Mukarramah
3005
ad

MEMOonline.co.id. Sumenep - Sayyid Ahmad Al Maliki, dikenal sebagai penerus ayah dan kakeknya, sebagai ulama Sunni yang menjadi panutan kiai dan ulama dunia.

Posisinya yang ada di Makkah al-Mukarramah, menjadi jujukan para tamu Allah yang sedang haji maupun umroh.

Namun tidak sembarangan orang yang bisa sowan ke rumahnya. Maklum, ulama tersohor di Arab Saudi.

Tetapi tidak sulit bagi Anies Baswedan, bertemu dengan penerus ajaran Nabi Muhammad SWA, itu karena sudah sejak lama mereka berdua akrab layaknya sahabat karib.

Baru-baru ini, kembali viral video pendek di beberapa patform media sosial.

Menggambarkan begitu akrab tanpa batas antara Anies Baswedan dengan Sayyid Ahmad Al Maliki. Bahkan, Anies Baswedan yang diketahui dunia bakal maju di Pilpres 2024 mendatang, seolah mendapat restu dari ulama dunia tersebut.

Seperti yang terekam dalam video, sang ulama Arab Saudi itu sempat melepas kopiah yang dipakai Anies, kemudian mengelus ubun-ubunnya, sembari memanjatkan doa.

Setelah selesai mendoakan Anies, Sayyid Ahmad Al Maliki lantas meniup kening sang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Diakhir video yang merekam momen langka itu, ulama sunni yang menjadi rujukan dunia tersebut, sempat mengacungkan jari telunjuknya sambil berkata, seolah merestui niatan mulia Anies Baswedan yang hendak maju di Pemilu Presiden 2024.

  Dilansir dari beberapa media resmi pemenangan Anies Baswedan, Anies mengaku juga memanjatkan doa untuk negara dan bangsa Indonesia.

"Doa untuk Indonesia. Doa untuk Indonesia lebih baik, Indonesia lebih adil, masyarakat lebih makmur, Insya Allah negeri yang mendapatkan keberkahan dari Allah SWT," tutur mantan Rektor Universitas Paramadina.

Kedekatan Anies dengan Sayyid Ahmad Al Maliki, tidak hanya terajut mendekati momentum Pilpres 2024.

Sebelum Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, juga sudah pernah terpantau berkunjung ke rumah sang ulama dunia tersebut.

Bahkan saat itu, di tahun 2017 silam, Sayyid Ahmad Al Maliki memberi hadiah cincin bermata hijau, sebagai tanda persahabatan keduanya.

Perlu diketahui, Sayyid Ahmad Al Maliki merupakan putra Sayyid Muhammad Al Maliki. Ayahandanya dikenal sebagai Mujaddid abad ke 20 dan ke 21.

Selain terkenal sebagai ulama Sunni, mendiang ayahnya produktif sebagai pengarang kitab. Salah satu karyanya yang terkenal, Mafahim Yajib an Tusahhah (meluruskan kesalahpahaman).

Kakeknya : As-Sayyid Alawi Al Maliki, seorang ulama terkemuka di Makkah dan merupakan salah satu penasehat Raja Faisal. Selain itu, sang kakek dikenal sebagai guru dari banyak ulama di Indonesia.

Beberapa sumber mengatakan, bahwa saking dekatnya dengan Indonesia, kakeknya pun pernah dalam setiap periodesasi angkatan pendidikan, hanya menerima murid asal Indonesia.

  Sejumlah ulama Indonesia yang pernah menjadi muridnya, seperti KH. Maimun Zubair (Mbah Moen), Tuan Guru Zaenuddin Abdul Majid, KH Abdullah Syafi'i, KH Idam Khalid, KH. Abdullah Faqih, dan lainnya lagi.

Sebelum beredar  video tersebut, Anies Baswedan yang sedang pergi haji ke tanah suci di tahun ini, juga sempat menghadiri undangan jamuan dari putra mahkota sang raja, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Bahkan, pertemuannya pun diposting di media resmi Kerajaan Arab Saudi.

Penulis     :    redaksi

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar