Syafiuddin Delegasikan 30 Pengurus Bumdes Ikuti Pelatihan ke Jogja

Foto : keberangkatan
1239
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan- Anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin mendelegasikan perwakilan 30 pengurus badan usaha milik desa (BUMDes) dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengikuti pelatihan pengembangan masyarakat desa yang diselenggarakan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Yogyakarta.

Anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin mengatakan pelatihan ini diharapkan bisa membantu masyarakat desa untuk lebih produktif sehingga bisa memajukan desa melalui BUMDes.

"Kemampuan SDM dalam mengelola BUMDes ini harus terus diasah dan diupgrade salah satunya melalui pelatihan ini," ujarnya, senin(28/8).

Pria yang akrab disapa Aba Syafi ini juga berharap agar peserta dari Bangkalan ini nantinya bisa lebih kreatif dalam memajukan desa serta dapat meningkatkan pendapatan desa. Hal itu juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut. Sehingga masyarakat desa bisa menjadi mandiri.

"Pelatihan ini juga diharapkan agar para pengurus BUMDes dan pelaku UMKM ini bisa mengangkat desa agar lebih mandiri dan berkembang dengan output pendapatan desa bisa meningkat dan berdampak untuk masyarakat sekitar," jelasnya.

Diketahui 30 orang yang diberangkatkan ke Jogjakarta itu akan mengikuti pelatihan pengembangan masyarakat desa di bidang ekonomi.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan, Ali Yusri Purwanto, mengaku bersyukur 30 pengurus BUMDes dan pelaku UMKM bisa mengikuti pelatihan itu.

"Masyarakat desa membutuhkan pelatihan tersebut untuk pengembangan SDM agar bisa mengelola BUMDes agar lebih baik dan masyarakat bisa lebih kreatif untuk memajukan desanya masing-masing," tuturnya.

Ia mengaku, untuk mengikuti pelatihan ini pihaknya sulit merealisasikan mengingat anggaran dari APBD di Bangkalan sangat kecil. Oleh karena itu, Yusri meminta dukungan dari pemerintah pusat dengan menyampaikan aspirasi ke Anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin.

"Setelah berkolaborasi dengan anggota Komisi V DPR RI H. Syafiuddin, sebagai mitra kementerian terkait, alhamdulillah perwakilan masyarakat desa dari Bangkalan bisa berangkat," pungkasnya.

"Sebanyak 30 pelaku ekonomi kreatif terdiri dari pengurus BUMDes dan pelaku UMKM di Bangkalan akan mengikuti pelatihan pengembangan masyarakat desa di bidang ekonomi," kata Kabid Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan DPMD Bangkalan, Ali Yusri Purwanto.

Ia menyebut, pelatihan ini terlaksana setelah berkolaborasi dengan anggota Komisi V DPR RI, Syafiuddin, sebagai mitra kementerian terkait. Pasalnya, pelatihan bagi pelaku ekonomi kreatif di Bangkalan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya di desa.

Menurut dia, pelatihan ini sulit terealisasi tanpa kolaborasi, mengingat anggaran dari APBD di Bangkalan sangat kecil. Oleh karena itu, Yusri meminta dukungan dari pemerintah pusat dan Pemprov Jatim.

Penulis     :    Julian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar