Terus Mencari Keadilan, Gus Faqih Caleg PPP Sampang Lapor Bawaslu Jatim

Foto : Gus Faqih (kopiah hitam) melaporkan ke Bawaslu Jatim
3133
ad

MEMOonline.co.id, Sampang- KH Faqih Anis Fuadi ST yang merupakan Calon Legislatif (Caleg) PPP Kabupaten Sampang terus mencari keadilan ke Bawaslu Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Pria yang biasa dipanggil Gus Faqih merupakan Sekretaris DPC PPP Kabupaten Sampang melaporkan ke Bawaslu Provinsi Jatim, karena diduga terjadi pergeseran perolehan suara pemilu tahun 2024 saat rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tambelangan.

Karena merasa dicurangi oleh penyelenggara setempat, Gus Faqih melaporkan ketua KPU Sampang, ketua PPK Tambelangan, Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Birem, dan Ketua PPS Desa Banjar Billah ke Bawaslu Jatim.

Terseretnya penyelenggara setempat karena diduga telah merubah dokumen hasil perolehan suara yang tertuang dalam C hasil yang dimiliki saksi PPP, PAN dan PKS ke D plano dan D hasil.

"Mereka diduga menggeser perolehan suara Caleg PPP nomor 5 atas nama Jawahirul Hasan, ke Caleg PPP nomor urut 1 atas nama H Muji," ungkap Gus Faqih, Sabtu (9/3/2024).

Kata dia, dengan bergesernya suara, dapat mengatrol perolehan suara dari Caleg nomor 1 tersebut berada di urutan pertama. Padahal dalam C Hasil yang dimiliki oleh saksi PPP, PKS dan PAN, perolehan suara tertinggi di dapat oleh KH Faqih Anis Fuadi yang merupakan Caleg PPP nomor 2.

"Kami merasa dizalimi, di PHP oleh penyelenggara setempat," papar dia.

Lebih lanjut dia memaparkan, Addy Imansyah Ketua KPU Sampang menjadi bagian terlapor karena dianggap mengeluarkan keputusan diskriminatif, dan sepihak saat rekapitulasi tingkat KPU di GOR Indoor pada (5/3/2024) lalu.

Dimana saat sesi tanggapan saksi dan tindak lanjut form kejadian khusus (keberatan) dari saksi PPP, teknis penyandingan dokumen antara PPK Tambelangan dan saksi menggunakan D hasil dan D plano.

Sementara data yang disajikan saksi PPP sebagai bukti menggunakan C hasil di dua Desa, dan sejumlah TPS yang dianggap bermasalah.

"Padahal yang permasalahan karena terjadinya pengkondisian terhadap D hasil dan D plano," tegas pria asal Kecamatan Sreseh ini.

Bahkan kata dia, pasca penyandingan dokumen yang sempat kontroversial tersebut, ketua KPU Sampang memutuskan gugatan saksi PPP tidak dapat diterima.

"Ini kan aneh, ada apa dengan ketua KPUD Sampang," ungkap Gus Faqih bertanya tanya.

Lebih rinci Gus Faqih memaparkan, saat itu massa masing masing pendukung Caleg mulai merangsek ke lokasi rekapitulasi di kantor Kecamatan Tambelangan.

Ketua KPU yang saat itu ada di lokasi, dan Busilan selaku Ketua PPK Tambelangan mengarahkan saksi PPP mengisi form keberatan dan proses lanjutan dilakukan pada rekapitulasi di tingkat Kabupaten.

Karena situasi tidak memungkinkan, saksi PPP menerima dan berharap permasalahan yang belum selesai itu di bawa ke ranah Kabupaten.

Namun keputusan Addy Imansyah selaku Ketua KPU saat rekapitulasi di tingkat KPU sangat merugikan dirinya, dan tidak mengindahkan kronologi maupun proses yang belum selesai waktu di tingkat Kecamatan.

"Permainan penyelenggara ini sangat rapi, makanya untuk mencari kebenaran kuncinya ada di kotak surat suara," ujar Gus Faqih.

Gus Faqih menambahkan, disamping melaporkan ke Bawaslu Jatim, pihaknya juga akan melaporkan ke Polda Jatim, termasuk juga ke MK tentang perolehan suara, maupun DKPP terkait etik penyelenggara.

"Laporan ini diterima oleh Staf Bawaslu Jatim, dengan Tanda Bukti Penyampaian Laporan nomor 018/LP/PL/Prov/16.00/III/2024," pungkas Gus Faqih.

 

Penulis : Fathur

Editor : Udiens

Publisher : Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Surabaya- SMA Labschool Unesa 1 turut berkontribusi dalam gelaran Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) XI yang...

MEMOonline.co.id- Bulan Oktober identik dengan peringatan Sumpah Pemuda. Pada tanggal 27-28 Oktober 1928 para pemuda dari berbagai penjuru Nusantara...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumenep merasa terbantu dengan kebijakan Bupati Achmad Fauzi, yang...

MEMOonline.co.id, Jember- Ketidakjelasan pencairan subsidi bagi pedagang Pasar Baru Kencong semakin memanas ...

MEMOonline.co.id, Jember- Dalam rangka memperingati Hari Pengentasan Kemiskinan Sedunia, Cawabup Nomor Urut 2, Djoko Susanto melakukan plesiran ke...

Komentar