Awas !! Berani 'Mainkan' Dana PIP Kepsek akan Dipidana

Foto: SMP Sultan Agung dan data siswa penerima PIP
667
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah mengeluarkan berbagai program agar proses belajar mengajar dapat berjalan lebih efektif salah satunya adalah Program Indonesia Pintar.

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah bantuan berupa uang tunai yang di berikan oleh pemerintah kepada peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu yang mengalami kesulitan untuk membayar biaya pendidikan.

Sesuai Sekjen Kemendikbud No. 20 tahun 2023 tentang Program Indonesia Pintar, bantuan ini dapat di gunakan peserta didik untuk memenuhi segala kebutuhan pendidikan seperti membeli perlengkapan sekolah, biaya transportasi, uang saku hingga untuk uji kompetensi.

Adapun besaran dana yang di terima peserta didik bervariasi : peserta didik SD/MI/paket A mendapatkan Rp.450.000/tahun, peserta didik SMP/MTS/paket B Rp. 750.000/tahun, peserta didik SMA/MA/paket C mendapatkan Rp.1.000.000/tahun.

Pemerintah sudah menyalurkan bantuan kepada peserta didik se- Kecamatan Puger Penyaluran Perjenjang pada data tanggal 29 Februari 2024, Namun diduga Kepala Sekolah SMP SULTAN AGUNG yang beralamat Jalan. MUH SERUJI No.16 Desa Kasian Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember Jawa Timur, Telah menyalah gunakan kekuasaannya.

Hal ini sangat cepat terdengar ditelinga warga sekolah terutama anak didik dan wali murid SMP SULTAN AGUNG, sebagaimana tahun ini tidak mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar ( PIP ) ujarnya.

Untuk mendapatkan keterangan dan kejelasannya dari Program PIP tersebut kami membuka situs Web resmi PIP di. pip.kemdikbud.go.id. dan pada akhirnya munculah program tersebut.

Penyaluran Perjenjang Untuk SMP se-Kecamatan Puger salah satunya SMP SULTAN AGUNG dengan jumlah 72 siswa dari kelas 1 sampai kelas 3, Dengan Nominal yang FANTASTIS.!

Saat media mendatangi sekolah SMP SULTAN AGUNG, semua siswa siswi dan juga guru sudah tidak berada di sekolah, menurut keterangan dari siswa yang ada didepan aula smp itu, Rabu (03/04/2024).

Pada saat itu juga PONIMIN selaku Kepala Sekolah SMP SULTAN AGUNG mulai Tahun 2022 sampai sekarang dihubungi via seluler ( telpon whatsapp ) menyampaikan. "Kalau jumlah murid atau anak didiknya 160 siswa dari kelas 1 sampai kelas 3, Sedangkan ditanya jumlah penerima PIP tidak hafal terkait data, saya selaku kepala sekolah tugasnya hanya memberi tahu dan surat kalau siswa itu masih aktif, untuk pengambilan di Bank harus didampingi wali murid tidak boleh diwakilkan oleh siapapun". Ujarnya.

"Bertugas di SMP SULTAN AGUNG kurang lebih 2 Tahun Ponimin menyampaikan ke media ini bahwa untuk Program Indonesia Pintar ( PIP ) Ini nilainya sebesar 375.000.' Persiswa dan untuk saat ini memang belum ada pencairan mas..!! Tapi kenapa hanya SMP saya saja yang ditanya mas..?? Padahal di Kecamatan Puger masih banyak SMP juga sambil mengalihkan telponnya kalau mau memasang Gas Elpiji". Imbuhnya.

Selang waktu 8 menit Ponimin Kepala Sekolah SMP SULTAN AGUNG menghubungi lagi media ini dan menjelaskan seperti diatas.

Bahkan meminta kepada media ini untuk mengajak bertemu dirumahnya sambil mengobrol santai, karena masih banyak yang akan dititipkan ke media untuk Diknas kalau Sekolahan SMPnya itu sudah banyak yang rusak dan membutuhkan bantuan". Ucapnya.

Hadi Mulyono selaku Kepala Dinas Pendidikan ( KADISDIK ) Kabupaten Jember dihubungi via selulernya ( WA ).

"Langkah awal kita konfirmasi dan cross cek kebenaran dari laporan dugaan tersebut, hasilnya sebagai langkah tindak lanjut sesuai dengan ketentuan". Ucapnya.

Penulis     :   Zainal Arifin

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar