Parade Musik Tong-tong Vol. 2: Keajaiban Malam di Sumenep Mengguncang Bulan Bung Karno

Foto: Parade Musik Tong-tong Vol. 2, Senin. (10/06/2024) Malam di Sumenep, Madura, Jawa Timur.
1151
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Parade Musik Tong-tong Vol. 2 tahun 2024 yang bertepatan dengan Bulan Bung Karno (Juni) berlangsung meriah di Sumenep. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep, Dewi Khalifah, yang mewakili Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi Wongsojudo, dan secara resmi membuka perhelatan tersebut pada Senin malam (10 Juni 2024).

Parade ini dimeriahkan oleh tujuh grup musik yang memulai perjalanan dari Lapangan Giling, Jl. KH. Agus Salim, Pangarangan, Kec. Kota Sumenep, dan berakhir di Taman Potre Koneng Keraton Sumenep.

Dalam sambutannya, Nyai Eva, sapaan akrab Wakil Bupati, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat. Menurutnya, musik Tong-tong adalah kebanggaan masyarakat Kabupaten Sumenep dan merupakan budaya yang harus dijaga bersama.

"Inilah bagian dari kebanggaan masyarakat Kabupaten Sumenep dan menjadi bagian dari budaya yang harus kita jaga bersama-sama," ujar Nyai Eva.

Lebih lanjut, Nyai Eva menyatakan bahwa festival Musik Tong-tong ini merupakan salah satu cara Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep untuk melestarikan budaya agar tidak punah oleh perkembangan zaman. Ia berharap musik Tong-tong tidak hanya menjadi budaya lokal, tetapi juga dapat dikenal secara nasional dan internasional.

"Siapa tahu suatu saat musik Tong-tong yang kita banggakan sekarang bukan hanya menjadi budaya musik lokal, tapi mudah-mudahan menjadi musik budaya nasional dan internasional," tambahnya.

Parade yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep dan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep ini sukses memberikan hiburan hangat yang dinantikan oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari antusiasme penonton yang memenuhi sepanjang rute parade, mulai dari garis start hingga garis finish.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumenep, kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya terutama kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi untuk memeriahkan acara yang malam ini diikuti oleh 7 grup," lanjut Nyai Eva.

Selain menjadi hiburan, parade Musik Tong-tong ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep. Menurut Nyai Eva, keramaian ini akan menghidupkan nilai ekonomi produktif dan kreatif di daerah tersebut.

Adapun ketujuh grup musik Tong-tong yang tampil memukau penonton adalah Angin Ribut, Telaga Biru, Lanceng Spektra, Tinkerbell, Peccot Ngamok, Nawasena, dan Lendhu Sagara. Parade ini tidak hanya memperkaya budaya tetapi juga mempererat kebersamaan masyarakat Sumenep.

Penulis     :   Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar