Polres Jember dan Dispenduk Hadirkan Layanan Keliling Untuk Memudahkan Warga Urus Dokumen Penting

Foto: Layanan Keliling Pengurusan Dokumen Penting
1141
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus surat-surat penting, Polres Jember Polda Jatim berinovasi dengan menyediakan layanan keliling.

Layanan ini mencakup pengurusan SKCK, laporan kehilangan, perpanjangan pajak kendaraan bermotor, serta penyuluhan mengenai tata cara pengurusan surat-surat penting agar masyarakat memahami regulasinya.

Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, melalui Kasihumas Polres Jember, Iptu Siswanto, menyatakan bahwa program pelayanan jemput bola ini merupakan inisiatif Polres Jember yang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk) Kabupaten Jember.

“Kami menggandeng Dispenduk untuk memudahkan pelayanan KTP selain layanan kepolisian yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Iptu Siswanto pada Senin (24/6).

Iptu Siswanto menjelaskan bahwa layanan keliling Polres Jember ini dilaksanakan di 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Jember secara bergiliran sesuai jadwal.

“Nantinya, petugas akan berkeliling ke setiap kecamatan untuk membuka layanan ini,” tambahnya.

Di lokasi pelayanan, petugas juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tata cara pengurusan surat-surat yang diperlukan.

Lokasi pelayanan keliling ini, menurut Kasihumas Polres Jember, akan ditempatkan di tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan atau pasar di setiap wilayah.

“Kami memilih tempat-tempat atau mal yang sering didatangi masyarakat, seperti pasar-pasar besar di Kabupaten Jember,” jelasnya.

Inovasi layanan keliling Polres Jember ini disambut antusias oleh warga, karena selain mudah diakses, juga sangat membantu.

Salah satu warga Kecamatan Kencong, Rojak Supa'i, mengungkapkan bahwa pelayanan inovatif dari Polres Jember dan Dispenduk ini sangat membantu masyarakat.

“Alhamdulillah, ini memudahkan masyarakat, dan saya pribadi jadi lebih dekat untuk mengurus sesuatu, dan ini langsung jadi. Hari ini saya mengurus akta kelahiran anak,” ungkap Rojak.

Begitu pula warga yang membutuhkan SKCK maupun yang ingin membayar pajak kendaraan tampak antusias saat petugas pelayanan keliling datang di pelataran Dira Shopping Center Kecamatan Kencong.

“Saya tadi bayar pajak motor, tidak ribet,” ungkap Sukidi yang membayar pajak motor tahunan.

Sementara itu, Kepala Bagian Perencanaan Polres Jember, Kompol Sudariyanto, menyatakan bahwa pelayanan prima ini akan terus dilakukan demi memudahkan masyarakat dalam mengurus surat-surat yang dibutuhkan.

“Pelayanan jemput bola ini adalah salah satu wujud dari komitmen kami untuk selalu hadir di tengah masyarakat memberikan pelayanan terbaik,” ungkapnya.

Ia berharap dengan inovasi pelayanan jemput bola ini, masyarakat merasa dimudahkan.

“Kami berupaya memberikan pelayanan yang cepat, dekat, dan bersahabat,” pungkas Kompol Sudariyanto.

Penulis     :   Zainal

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, meraih penghargaan Best Booth dalam...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

Komentar