Sudah Tiga Kali Bupati Jember Hadir Di Desa Puger Kulon

Foto: Bupati Hendy dan Muspika Puger
1253
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Kebudayaan khas yang kerap kali kita temukan pada masyarakat pesisir laut adalah, Tradisi Petik Laut. Tradisi ini kerap dilakukan tiap tahun, bahkan dianggap sebagai kegiatan rutin tahunan. (19/07/2024).

Seperti halnya acara Petik Laut yang dilaksanakan di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger kabupaten Jember Jawa Timur. Dulu petik laut di Puger hanya dilakukan sederhana, sebatas selamatan dan membuang sesaji.

Namun, setelah Puger diangkat sebagai aset wisata oleh Pemkab Jember, pelaksanaan Petik Laut dibuat lebih meriah. Berbagai acara di digelar mulai, senam bersama, Khotmil Qur'an, UMKM, Kirab Budaya dan berakhir dengan Larung Sejaji.

"Terima kasih dan Apresiasi kepada Kepala Desa Puger Kulon Bapak Nurhasan yang telah menggelar acara tahunan petik Laut, saya sudah tiga kali diundang oleh Kepala Desa Puger Kulon." Ucap Bupati Jember Hendy Siswanto.

Tujuan dilakukannya tradisi Petik Laut ini kata Hendy panggilan akrabnya bupati Jember adalah sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Alloh SWT dan laut merupakan tempat mata pencaharian masyarakat Puger.

"Warga Puger selalu bersyukur, Insya alloh ditambah Rejekinya, setiap tahun menggelar syukuran dengan petik laut," kata Bupati Jember Hendy Siswanto dihadapan masyarakatnya.

Sementara itu Kepala Desa Puger Kulon Nurhasan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Hendy Siswanto dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember yang telah mensupport acara petik laut Desa Puger Kulon.

"Untuk acara petik Laut kali ini kami gelar selama 5 hari, berbagai acara mulai kebudayaan berupa tradisi adat hingga kebudayaan islami kami lakukan, karena 95 persen warga kami beragama Islam." Tandasnya.

Diketahui, petik Laut kali ini di buka oleh Bupati Jember Hendy Siswanto dan dihadiri oleh kepala Otoritas Jasa Keuangan Muhammad Mufid, Sekretaris Daerah Jember Hadi Sasmito beserta rombongan Kepala OPD juga Muspika Puger dan Karangwerda Se-kecamatan Puger.

Penulis     :   Zainal Arifin

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Pemerintah Desa (Pemdes) Panca Karya, Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar karnaval budaya sebagai...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Albany Pasya, seorang pemuda 21 tahun yang sedang berfokus pada pelestarian budaya . Sebuah program “BBC atau Be Bright...

MEMOonline.co.id, Sumenep- KPU Sumenep resmi mengumumkan hasil verifikasi administrasi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep pada Sabtu...

MEMOonline.co.id, Jember- Bagi masyarakat yang memiliki anak penyandang disabilitas juga tidak perlu minder, tumbuhkan kepercayaan diri pada mereka...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Setelah sekian lama publik bertanya-tanya siapa gerangan oknum Event Organizer (EO) pemborong ratusan event di Kalender...

Komentar