Dinsos Jember Bongkar Makam Palsu Yang Ramai Di Medsos

Foto: Camat Tanggul Hanifah dan Kadinsos Jember Helmi
1251
ad

MEMOonline.co.id, Jember- Tidak ada tulang Jasad Manusia ataupun bekas pernah terjadi pemakaman di areal yang diduga sebagai makam Pahlawan 45 Soedjono dan Soleman di samping Eks kecamatan Tanggul yang viral media Sosial (Medsos) sebulan lalu. (26/07/2024)

Penggali hanya menemukan tumpukan reruntuhan bangunan Eks kecamatan Tanggul, seperti pecahan batu bata, bongkahan - bongkahan bangunan, pipa air bekas serta pondasi bangunan Eks kecamatan Tanggul dan pagar.

Pembongkaran dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Jember di saksikan Camat Tanggul Hanifah, Muspika Tanggul, dari Empat Veteran, Kepala Desa Tanggul Wetan Suwadi serta beberapa tokoh masyarakat dan warga setempat.

Menurut Kepala Dinsos Jember Ahmad Helmi Lukman, pembongkaran yang diduga makam Pahlawan 45 atas nama Soedjono dan Soleman yang sebulan lalu sempat Viral Medsos tersebut, berjalan 2 jam, dimulai pukul 08.00 - 10.00.

"Dengan kedalaman 1 meter lebih, kita tidak menemukan apapun, hanya reruntuhan bangunan, pipa air dan pondasi. Hingga sekarang tidak satupun tulang ditemukan, jasad apalagi," ujar Helmi Kadinsos kepada awak media dilokasi pembongkaran.

Hal itu lanjut Helmi menjadi pembuktian bahwasannya di areal Eks kecamatan Tanggul tidak ada ataupun tidak pernah ada makam Pahlawan 45 atas nama Soejono dan Soleman. Terkait, lokasi kedua makam pahlawan tersebut, pihaknya mengatakan masih terus mencari di 7 areal.

"Kita masih terus melakukan pencarian di 7 areal pemakan di 2 Desa yakni Desa Tanggul Wetan dan Tanggul Kulon. Karena didata Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Jember, tercatat makam berada Gembongan Tanggul Kulon. Tapi hingga sekarang kita masih belum menemukan," ungkapnya.

Terkait, kedua batu Nisan yang bertuliskan nama Soedjono Pejuang 45, NRI 452613, lahir 1925, Wafat 2 - 4 - 1947 dan Nama Soleman Pejuang 45, NRI 2614, Lahir 1926, Wafat 9 - 2 - 1987 yang ditemukan di areal Eks Kecamatan oleh seorang Juru Parkir, sesuai kesepakatan akan letakkan di TPU Karanglo desa Tanggul Wetan.

"Mungkin ada keluarganya dari beliau-beliau (kedua pahlawan) tersebut, bisa di kunjungi ke TPU Karanglo atau bisa bertanya ke Kantor Desa Tanggul Wetan ataupun Kecamatan Tanggul," Tandasnya.

Sebelumnya ramai di medsos dan media mainstream telah ditemukan dua makam Pahlawan dengan Nisan yang bertuliskan nama Soedjono dan Soleman Pahlawan 45, oleh Suyono seorang Juru Parkir di sebuah lorong sempit antara bangunan Eks Kecamatan Tanggul dan pagar.

Penulis     :   Zainal Arifin

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar