Bakesbangpol Sumenep Sukses Antarkan Dua Pasangan Bacabup-Bacawabup Daftar ke KPU untuk Pilkada 2024

Foto: Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sumenep Achmad Dzulkarnain
152
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sumenep, berhasil mengantarkan dua pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati (Bacabup-Bacawabup) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk Pilkada 2024, pada Kamis (29/08/2024).

Meski sudah masuk hari terakhir, Proses pendaftaran dua pasangan Bacabup-Bacawabup terpantau berlangsung lancar dan tertib dengan pengawalan ketat dari pihak keamanan.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sumenep Achmad Dzulkarnain mengatakan jika Kedua pasangan ini siap bersaing dalam pemilihan kepala daerah tahun depan.

Dengan membawa visi dan misi untuk kemajuan Sumenep.

"Kami, Bakesbangpol Sumenep turut memastikan proses ini berjalan sesuai peraturan yang berlaku, sebagai bentuk komitmen dalam menjaga demokrasi yang sehat dan adil di Kabupaten Sumenep," kata Achmad Dzulkarnain, kepada awak media.

Oleh karenanya, pihaknya berharap peran serta masyarakat dalam mensukseskan pilkada Sumenep 2024 serta berpartisipasi pada hari pencoblosan pada tanggal 27 Nopember mendatang.

"Harapan kami masyarakat berpartisipasi aktif serta berbondong - bondong ke tempat pemungutan suara (TPS) masing - masing dalam rangka memilih calon Pemimpin Sumenep 2024-2029," pintanya.

Untuk diketahui, pada Kamis ( 29/08 ) Sebanyak 2 (dua) pasangan resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur, sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati (Bacabup-Bacawabup) di hari terakhir masa pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kedua pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep itu, yakni Achmad Fauzi Wongsojudo-KH. Imam Hasyim, dengan sebutan Faham. Kemudian Kiai Ali Fikri-KH. Unais Ali Hisyam (Final).

Pasangan Fauzi-Imam Hasyim (Faham) diusung PDIP, PKB, PAN, Demokrat, Nasdem, PKS, Gerindra, Hanura, PBB dan Golkar.

Sedangkan pasangan Fikri-Unais (Final) diusung oleh gabungan parpol, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan sejumlah parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD Sumenep.

Ketua KPU Kabupaten Sumenep, Nurussyamsi mengatakan bahwa terdapat dua pasangan bakal Cabup-Cawabup yang mendaftar di hari terakhir masa pendaftaran ini.

"Kami sudah menerima berkas syarat pencalonan dari dua paslon pendaftar tersebut," ujarnya.

Syamsi menuturkan, berdasarkan berkas syarat pencalonan dari dua paslon pendaftar yang diterimanya itu, maka dipastikan tidak ada lagi partai politik (parpol) atau gabungan parpol di Kabupaten Sumenep yang akan memenuhi syarat minimal suara sah untuk mengusung paslon lagi.

"Jadi, kami pastikan yang mendaftar ke KPU Sumenep untuk kontestasi Pilkada 2024, hanya dua pasangan bakal calon," tandasnya. Selanjutnya, kata Syamsi, kedua pasangan itu akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Pilkada Serentak 2024 termasuk Pilkada Kabupaten Sumenep, akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Penulis     :   Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Salah satu yang paling dinanti-nantikan di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia HUT RI ke - 79 adalah karnaval....

MEMOonline.co.id, Jakarta- Ayuningtyas Wulandari atau biasa di panggil Ayu adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di Jakarta...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Kasus memilukan terjadi di Desa Sepanjang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Dugaan pungutan liar (pungli) oleh Event Organizer (EO) tunggal penyelenggaraan Madura Culture Fest 2 Sumenep 2024 sebesar...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang, Hertutik menyerahkan hadiah lomba Kelurahan Berseri Tingkat...

Komentar