Kepemimpinan Perempuan: Hj. Nurhidayah dan Khofifah, Bukti Nyata Isu Gender Tak Relevan di Politik

Foto: Hj. Nurhidayah Mantan Bupati Kotawaringin Barat
113
ad

MEMOonline.co.id, Kotawaringin Barat- Hj. Nurhidayah, mantan Bupati Kotawaringin Barat periode 2017-2022, dinilai memiliki kesamaan gaya kepemimpinan dengan Hj. Khofifah Indar Parawansa, mantan Gubernur Jawa Timur.

Kedua pemimpin perempuan ini dikenal sebagai sosok yang tangguh, inovatif, dan penuh perhatian terhadap pembangunan daerah serta kesejahteraan masyarakat.

Selama masa jabatannya, Hj. Nurhidayah mencatatkan berbagai prestasi, termasuk di bidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan pengembangan UMKM di Kotawaringin Barat.

Kepemimpinannya yang proaktif dan fokus pada solusi nyata dalam menghadapi tantangan lokal menjadikannya sangat dihargai oleh masyarakat.

Banyak pihak melihat kesamaan ini dengan kepemimpinan Hj. Khofifah, yang juga membawa perubahan signifikan di Jawa Timur melalui kebijakan pro-rakyat kecil, khususnya perempuan dan anak-anak.

Seorang pengamat politik menuturkan, “Kepemimpinan Hj. Nurhidayah dan Hj. Khofifah membuktikan bahwa isu gender dalam politik hanyalah narasi budaya patriarki. Perempuan sering dianggap tak mampu memimpin, namun kenyataannya kedua tokoh ini telah melampaui ekspektasi dengan menunjukkan hasil nyata bagi masyarakat. Mereka adalah bukti bahwa kepemimpinan kuat dan efektif tak bergantung pada gender.”

Kepemimpinan perempuan seperti Hj. Nurhidayah dan Hj. Khofifah telah menunjukkan bahwa isu gender tidak menjadi hambatan dalam politik maupun pemerintahan.

Kini, dalam Pilkada Jawa Timur, semua kandidat yang bersaing sebagai calon gubernur adalah perempuan, menunjukkan bahwa narasi gender yang membatasi peran perempuan semakin memudar di mata masyarakat.

Dengan kembalinya Hj. Nurhidayah ke panggung politik dalam Pilkada 2024, banyak pihak berharap kepemimpinan penuh integritas ala Khofifah dapat diteruskan di Kalimantan Tengah melalui Hj. Nurhidayah.

Rekam jejaknya yang solid menunjukkan bahwa kepemimpinan perempuan tidak hanya mungkin, tetapi telah terbukti efektif, dan isu gender semakin tak relevan dalam dunia politik.

Penulis     :   Rohmat Yusuf

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, membuktikan komitmennya dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya. Berdasarkan data...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Rapat pleno perdana Pengurus PWI Pusat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) digelar di Jakarta pada Rabu (18/9/2024), tepat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Jajaran Polres Sampang menangkap seorang pria berinisial IK (49), warga Paonjenan Timur, Kecamatan Batu Marmar, kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, meresmikan Graha Wiyata MAN Sumenep pada Selasa...

MEMOonline.co.id, Bogor- Jajaran Direksi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menyapa para pelanggan teladan di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tirta...

Komentar