RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Tawarkan Operasi Minimal Invasif Pertama di Madura untuk Tumor Gondok dan Payudara

Foto: Dokter spesialis RSUD dr Moh Anwar Sumenep, dr. Husnul Ghaib, Sp.B (K) Onk.
64
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk dengan melakukan operasi minimal invasif bagi penderita gondok dan tumor payudara.

Poli Onkologi ini menjadi yang pertama di Madura, dan tindakan Operasi Minimal Invasif (MIS) mulai dilaksanakan sejak 10 Agustus 2024.

Menurut dr. Husnul Ghaib, Sp.B (K) Onk, Dokter Spesialis Onkologi di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, pihaknya mengembangkan dua teknik dalam operasi MIS, salah satunya adalah Radiofrekuensi Ablasi (RFA) untuk tumor tiroid, khususnya pada kelainan tiroid atau gondok jinak.

"Operasi ini tidak menggunakan pisau, hanya dengan memasukkan elektroda sebesar jarum suntik nomor 16 yang dipandu dengan USG ke dalam tumor tiroid," jelas dr. Husnul Ghaib pada Kamis (19/09/2024).

Prosedur ini dilakukan secara bertahap setiap 1 cm, menggunakan Radiofrekuensi yang menghasilkan panas untuk membunuh sel tumor.

Pertumbuhan sel tumor kemudian dievaluasi menggunakan USG.

"Sel tumor tidak langsung hilang seperti pada operasi konvensional, namun akan mengecil dengan sendirinya," tambahnya.

Ia juga menyebutkan bahwa di Jawa Timur, teknik ini hanya tersedia di RSUD Dr. Soetomo dan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

"Di kabupaten lain belum ada. Ini menjadi kebanggaan bagi kami, dan kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan informasi ini," ujar dr. Husnul Ghaib.

Teknik kedua yang digunakan adalah Vacuum Assisted Breast Biopsy (VABB) untuk tumor payudara jinak.

"Teknik ini tidak memerlukan sayatan seperti operasi sebelumnya, hanya dengan memasukkan alat yang diarahkan ke lokasi tumor, dipandu dengan USG," lanjutnya.

Pelayanan ini di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep ditanggung oleh BPJS, sehingga pasien dapat mengaksesnya dengan cepat dan terjangkau.

Penulis     :   Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

MEMOonline.co.id, Sampang- S inisial (54), seorang perempuan warga desa Blu'uran, kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Ketenagakerjaan menggelar **Sumenep Job Fair 2024** sebagai upaya konkret...

Komentar