Komitmen Dengan Keamanan Laut, Kominfo Sumenep Sosialisasi SiKaPal di Pasongsongan

Foto: Arif Santoso, ST., penanggungjawab Call Center 112 Sumenep dan Inovator SiKaPal Kominfo Sumenep.
1098
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumenep menggelar sosialisasi penggunaan alat kedaruratan pelayaran di Pendopo Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Jawa Timur, pada Selasa (1/10/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Sumenep untuk meningkatkan keamanan masyarakat, khususnya di wilayah pesisir dan kepulauan.

Acara tersebut dihadiri oleh Camat Pasongsongan, Fariz Aulia Utomo, S.STP., M.Si., Kepala Bidang Teknologi Informatika Kominfo, Chairul Arif Hidayat, SE. MM., serta Arif Santoso, ST., penanggung jawab Call Center 112 Sumenep dan inovator SiKaPal, bersama tim teknis Dinas Kominfo.

Chairul Arif Hidayat dalam sambutannya mengingatkan masyarakat agar menjaga dan memelihara alat SiKaPal yang diberikan oleh Pemkab Sumenep. SiKaPal (Sistem Kedaruratan Pelayanan Angkutan Laut), inovasi Call Center 112, bertujuan untuk meningkatkan keamanan di laut.

“Pemeliharaan alat ini sangat penting agar tetap dapat digunakan secara optimal. Pemkab Sumenep ingin memastikan keamanan tidak hanya di darat, tetapi juga di laut dan kepulauan. Jika ada keadaan darurat, alat ini akan mengirimkan sinyal dan lokasi ke Call Center 112 untuk penanganan cepat,” jelas Chairul.

SiKaPal, yang telah meraih penghargaan nasional, termasuk Top Inovasi Terpuji pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023, menjadi kebanggaan Kabupaten Sumenep karena mampu meningkatkan efisiensi penanganan darurat, khususnya bagi nelayan dan pelayaran antar pulau.

“Sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya alat kedaruratan ini dan dapat memanfaatkannya demi keselamatan bersama,” pungkas Chairul.

Penulis    :   Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumenep sukses menggelar sosialisasi Pilkada Serentak 2024 dengan menggandeng Komisi...

MEMOonline.co.id, Jember- Elektabilitas Calon Bupati Jember nomor urut 2, Muhammad Fawait, kian hari semakin...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Jalan Adirasa kini bebas dari banjir musiman, membawa berkah bagi warga...

MEMOonline.co.id, Surabaya- SMA Labschool Unesa 1 turut berkontribusi dalam gelaran Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) XI yang...

MEMOonline.co.id- Bulan Oktober identik dengan peringatan Sumpah Pemuda. Pada tanggal 27-28 Oktober 1928 para pemuda dari berbagai penjuru Nusantara...

Komentar