Pantau Keterbukaan Informasi, KI Pusat Kunjungi KPUD Sampang

Foto: Ketua KI Pusat (tengah baju putih) berserta rombongan didampingi komisioner KPUD Sampang
342
ad

MEMOonline.co.id, Sampang- Untuk memastikan keterbukaan publik dalam Pemilukada, Komisi Informasi (KI) Pusat mendatangi kantor KPUD Sampang, Madura, Jawa Timur, pada selasa (15/10/2024).

Pantauan media ini di lokasi, rombongan dipimpin langsung oleh ketua KI Pusat, Donny Yoesgiantoro.

"Kedatanganya ke Sampang dalam rangka pemantauan terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi Pilkada," ungkap ketua KI Pusat, Donny Yoesgiantoro melalui Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi, Rospita Vici Paulyn, Selasa (15/10/2024).

Kata dia, pemantauan ini secara serentak di 4 Provinsi di Indonesia, yakni di Jawa Timur (Sampang), Bangka Belitung, Aceh dan Sulawesi Tenggara.

Tahap awal kata dia, pihaknya sudah melakukan tahapan-tahapan di tingkat pusat, seperti dengan KPU, Bawaslu, DKPP dan para pengamat politik serta orang-orang yang konsen terhadap Pilkada.

"Hari ini kami ingin melihat secara langsung, apakah hak masyarakat atas informasi Pemilu sudah terpenuhi," papar dia.

Karena kata dia, pelaksanaan Pilkada di semua Provinsi ini mengusung demokrasi yang terpimpin dan hak masyarakat terfasilitasi terkait informasi Pemilu.

"Sekarang ini kami ingin melihat apakah KPUD Sampang sudah memenuhi hak akses publik," ungkap dia.

"Pihaknya berharap dalam Pilkada nanti, masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada," pungkas Paulyn.

Sementara, Ketua KPU Sampang Aliyanto merasa bangga atas kedatangan ketua KI Pusat dan 2 pimpinan lainnya.

Pihaknya sudah menyampaikan terkait keterbukaan informasi, seperti tahapan Pilkada.

"Untuk keterbukaan informasi sudah kami sampaikan, dan semuanya aman-aman saja," terang Aliyanto.

Penulis    :   Fathur

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Surabaya- SMA Labschool Unesa 1 turut berkontribusi dalam gelaran Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) XI yang...

MEMOonline.co.id- Bulan Oktober identik dengan peringatan Sumpah Pemuda. Pada tanggal 27-28 Oktober 1928 para pemuda dari berbagai penjuru Nusantara...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumenep merasa terbantu dengan kebijakan Bupati Achmad Fauzi, yang...

MEMOonline.co.id, Jember- Ketidakjelasan pencairan subsidi bagi pedagang Pasar Baru Kencong semakin memanas ...

MEMOonline.co.id, Jember- Dalam rangka memperingati Hari Pengentasan Kemiskinan Sedunia, Cawabup Nomor Urut 2, Djoko Susanto melakukan plesiran ke...

Komentar