Peduli Lingkungan, FPRB Sampang Tanam 10 Ribu Pohon di Area Kampus Poltera

Foto: Sekda Sampang saat menanam bibit pohon mangga di area kampus Poltera
254
ad

MEMOonline.co.id, Sampang- Peduli lingkungan hidup, Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) kabupaten Sampang tanam rawat pohon mangga di area kampus Poltera di jalan raya Camplong Sampang, Madura, Jawa Timur.

Disamping untuk menjaga lingkungan hidup, penanaman 10 ribu bibit pohon tersebut juga untuk menjaga ekosistem lingkungan agar suasana alam tidak bertambah ekstrim.

Kegiatan tersebut didukung oleh Balai Persemaian Permanen (BPDAS) Brantas di Kemlagi Mojokerto, SKK Migas, Husky-CNOOC Madura Limited, Politehnik Madura, LPBI NU dan Pemkab Sampang.

Ketua FPRB Sampang Moh. Hasan Jailani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem lingkungan agar suasana alam tidak bertambah ekstrem, sehingga kedepannya penanaman ini diharapkan dapat memperbaiki iklim dan oksigen terhadap lingkungan.

Kata dia, penanaman pohon ini tidak hanya seremonial saja, akan tetapi akan terus pantau agar terus tumbuh besar dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

"Dalam kegiatan ini pihaknya menyiapkan sebanyak 10 ribu bibit pohon yang siap di tanam di lokasi rawan banjir dan rawan longsor," ujar pria biasa disapa mas Mamak ini, Rabu (16/10/2024).

Lebih lanjut Mamak menjelaskan, ada sebanyak 10 ribu bibit pohon yang akan kami lakukan penanaman, untuk saat ini ada 60 hingga 70 bibit pohon.

Untuk selanjutnya diserahkan kepada komonitas untuk dilakukan penanaman di berbagai lokasi di kabupaten Sampang.

"Aksi penanaman ini sudah 3 tahun dilakukan, dengan bekerja sama semua komunitas yang ada di kabupaten Sampang," papar dia.

Sementara, Humas Resources at SKK Migas Yustian Hakiki menyampaikan bahwa, pihaknya tidak hanya eksplorasi migas, tetapi juga melestarikan lingkungan.

Pihaknya mengapresiasi terkait aksi penanaman ini, karena ini bisa menjaga ekosistem dan penyerapan karbon dioksida serta melepaskan oksigen dan menjaga kelestarian lingkungan.

"Kami sangat mendukung aksi tanam rawat ini, sebab tidak hanya eksplorasi migas saja, akan tetapi juga ikut serta melestarikan lingkungan," jelasnya.

Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Tristiandinda Permata, S.T., M.T menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung aksi ini. Sehingga nantinya dapat membangun ketercapaian Poltera terhadap indikator ruang terbuka hijau di kampus.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah ikut mendukung penghijauan di Poltera, serta turut membangun ketercapaian Poltera terhadap indikator ruang terbuka hijau di kampus," ujarnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, Yuliadi Setiawan sangat mengapresiasi kegiatan tanam rawat ini, sebab merawat alam merupakan kewajiban semua pihak dalam rangka menjaga kondisi lingkungan dan berdampak positif bagi kehidupan di masa yang akan datang.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sampang, kami apresiasi yang luar biasa terhadap Forum PRB Sampang yang telah menggelar acara kegiatan ini. Aksi tanam ini memang harus menjadi tanggung jawab bersama mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan perawatan.

Sebab hal ini merupakan hablum minal alam, yakni harus menjaga dan memelihara alam dengan baik dengan melestarikan lingkungan.

"Menanamkan kesadaran kepada semua elemen masyarakat untuk terus melestarikan lingkungan dengan cara merawatnya," terang dia.

Penulis    :   Fathur

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Surabaya- SMA Labschool Unesa 1 turut berkontribusi dalam gelaran Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) XI yang...

MEMOonline.co.id- Bulan Oktober identik dengan peringatan Sumpah Pemuda. Pada tanggal 27-28 Oktober 1928 para pemuda dari berbagai penjuru Nusantara...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumenep merasa terbantu dengan kebijakan Bupati Achmad Fauzi, yang...

MEMOonline.co.id, Jember- Ketidakjelasan pencairan subsidi bagi pedagang Pasar Baru Kencong semakin memanas ...

MEMOonline.co.id, Jember- Dalam rangka memperingati Hari Pengentasan Kemiskinan Sedunia, Cawabup Nomor Urut 2, Djoko Susanto melakukan plesiran ke...

Komentar