Hingga Akhir Bulan Ini, DAK Untuk SMP di Sumenep Baru Cair 25 Persen

Foto: Moh. Iksan, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep
855
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep – Hingga akhir bulan tahun ini, Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan tahun 2018 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, baru cair 20 persen dari total anggaran Rp 6,5 miliar. 

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep, Moh. Iksan, kepada media ini Rabu (27/6/2018).

”Saat ini baru 25 persen yang cair, dan itu sudah kami berikan kepada sekolah penerima,” katanya saat dikonfirmasi.

Pencairan itu kata Iksan disesuaikan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 4 tahun 2018. Dalam Perpres itu mengamanahkan pencairan DAK tahap pertama sebesar Rp25 persen. 

”Sementara untuk tahap dua kita masih menunggu, sampai saat ini masih belum ada,” jelasnya. 

Hanya saja Iksan tidak menyebutkan jumlah sekolah penerima bantuan yang bersumberkan dari APBN itu. Namun, dia memastikan semua sekola yang berhak menerima tercover semua, baik sekolah yang berada di wilayah kepulauan maupun di daratan. 

Kabupaten Sumenep terdiri dari 126 pulau yang tersebar di 9 Keamatan wilayah Kepulauan dan 18 Kecamatan wilayah daeratan. 

Guna memaksimalkan realisasi bantuan tersebut, Iksan meminta semua elemen termasuk masyarakat, Dewan Pendidikan Kabupaten Sumenep (DPKS) untuk melakukan pengawasan secara bersama-sama. Jika ada temuan yang melanggar aturan, pihaknya menyarankan agar segera dilaporkan untuk ditindaklanjuti.

”Marik kita awasi secara bersama-sama,” tegasnya.

Tahun ini anggaran DAK untk sekolah menengah pertama (SMP) sederajat mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp6,5 miliar dari pagu yang diajukan sebesar Rp46 miliar. Dibandingkan tahun sebelumnya, dana tersebut ada peningkatan. 2016 Sumenep hanya mendapatkan anggaran sebesar Rp 5,8 miliar. (Ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, membuktikan komitmennya dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya. Berdasarkan data...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Rapat pleno perdana Pengurus PWI Pusat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) digelar di Jakarta pada Rabu (18/9/2024), tepat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Jajaran Polres Sampang menangkap seorang pria berinisial IK (49), warga Paonjenan Timur, Kecamatan Batu Marmar, kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, meresmikan Graha Wiyata MAN Sumenep pada Selasa...

MEMOonline.co.id, Bogor- Jajaran Direksi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menyapa para pelanggan teladan di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tirta...

Komentar