Ketua DPRD Sumenep Minta Inventarisir Ulang Semua Modin Milik Pemkab

Foto: Ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma
804
ad

MEMO online, Sumenep - Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Herman Dali Kusuma, mendesak Pemerintah Daerah setempat untuk menginventarisir kembali semua mobil dinas (Mobdin).

Hal itu dirasa perlu dilakukan demi mengetahui jumlah mobdin yang masih layak pakai, ataupun yang sudah harus dikandangkan.

"Segera diinventarisir kembali, baik itu roda dua maupun roda empat," kata Ketua DPRD Sumenep Herman Dali Kusuma.

Menurutnya, apabila mobdin dinyatakan tidak layak pakai, pihaknya menganjurkan untuk dilelang. Sehingga tidak selalu dianggarkan di APBD untuk perawatannya.

Namun, apabila disalah satu organisasi perangkat daerah (OPD) terdapat ketidak sesuaian antara jumlah kendaraan dengan kebutuhan, pihaknya menghimbau Pemerintah Daerah untuk menarik dan diberikan ke OPD lain yang lebih membutuhkan.

"Kalau sudah tidak layak pakai, ya dilelang. Nanti hasilnya dikembalikan ke negera. Saya kira itu lebih bermanfaat dari pada mobdin dibiarkan terbengkalai," ungkapnya.

Selain itu inventarisasi diperlukan untuk mengantisipasi potensi hilangnya aset pemerintah. Sebab, berdadarkan hasil pantaunya, banyak mobdim di berbagai OPD yang tidak layak pakai dan dibiarkan terbengkalai.

Salah satunya di Sekretariat DPRD, Kantor Dinas Kesehatan, dan sejumlah OPD lain.

"Kalau itu dihapus kan enak, tidak lagi jadi beban negara," jelasnya.

Kasi Analisa Bidang Aset, Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Sumenep Harri Cahyono B mengatakan pendataan kendaraan dinas terus dilakukan setiap saat. Bahkan, dari hasil pendataan yang dilakukan sudah ada beberapa mobil dinas yang telah terjual saat proses lelang.

"Ada sebagian yang dilelang," jelasnya.

Hanya saja Harri enggan menyebutkan jumlah mobil dinas secara keseluruhan saat ini. "Kalau secara keseluruhan kurang tahu," akunya. (Ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Pemerintah Desa (Pemdes) Panca Karya, Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar karnaval budaya sebagai...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Albany Pasya, seorang pemuda 21 tahun yang sedang berfokus pada pelestarian budaya . Sebuah program “BBC atau Be Bright...

MEMOonline.co.id, Sumenep- KPU Sumenep resmi mengumumkan hasil verifikasi administrasi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep pada Sabtu...

MEMOonline.co.id, Jember- Bagi masyarakat yang memiliki anak penyandang disabilitas juga tidak perlu minder, tumbuhkan kepercayaan diri pada mereka...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Setelah sekian lama publik bertanya-tanya siapa gerangan oknum Event Organizer (EO) pemborong ratusan event di Kalender...

Komentar