Cegah Tumbuhnya Gulma di Lahan Padi, Babinsa Guluk-Guluk Turun ke Sawah

Foto: Babinsa Guluk-guluk bantu petani di sawah
1660
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Sertu Saptrianto salah satu anggota dari Koramil 07/Guluk-guluk Kodim 0827 Sumenep ini mengatakan bahwa dalam budidaya tanaman baik dilahan darat maupun dilahan sawah seringkali tumbuh tanaman liar yang tumbuh dengan sendirinya alias tanaman liar.

"Kehadiran tanaman, tumbuhan, rumput liar pada tanaman budidaya dapat menyebabkan terjadinya persaingan, baik persaingan dalam mendapatkan nutrisi didalam tanah maupun dalam mendapatkan sinar matahari," ungkapnya.

Terutama sering kali kita jumpai tanaman liar tersebut seperti contoh rumput liar (gulma) yang tumbuh di tanaman padi milik warga petani. Seprti dilahan sawah milik Ibu Hamidah yang mana saat ini sedang dibersihkan.

Pada pembersihan rumput-rumput liar tersebut dibantu oleh Sertu Saptrianto Babinsa Desa Bragung anggota Koramil 0827/07 Guluk-guluk yang bertempat lokasi sawah milik Ibu Hamidah di Desa Bragung Kecamatan  Guluk-guluk  Kabupaten Sumenep. Madura-Jawa Timur. Selasa, (23/1/2018).

Kapten Arh. Sapto Waloyo Danramil 0827/07 Guluk-guluk menjelaskan bahwa yang dinamakan gulma selain berperan sebagai kompetitor tanaman padi, gulma juga dapat mempengaruhi peningkatan jumlah populasi hama dan penyakit. Keberadaan gulma yang dibiarkan tumbuh pada pertanaman padi bisa menjadi tanaman inang bagi hama dan penyakit tanaman padi.

"Oleh sebab itu, gulma merupakan permasalahan yang harus mendapatkan perhatian untuk segera dikendalikan agar kerugian bisa dihindari. Gulma dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman padi sawah menjadi kerdil, menguning dan sebagai tempat inang OPT (organisme pengganggu tanaman) untuk berkembang biak," imbuhnya.

Dengan demikian, definisi gulma adalah semua jenis tumbuhan atau tanaman yang tumbuh secara liar pada tanaman budidaya (tanaman utama) yang keberadaannya tidak diinginkan karena dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan dapat menyebabkan penurunan hasil dari tanaman yang dibudidayakan sehingga apa bila hal tersebut terjadi bisa mengakibatkan dalam kita mewujudkan swasembada pangan akan terkendala. "pungkasnya". (*)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, membuktikan komitmennya dalam mengentaskan kemiskinan di wilayahnya. Berdasarkan data...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Rapat pleno perdana Pengurus PWI Pusat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) digelar di Jakarta pada Rabu (18/9/2024), tepat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Jajaran Polres Sampang menangkap seorang pria berinisial IK (49), warga Paonjenan Timur, Kecamatan Batu Marmar, kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, meresmikan Graha Wiyata MAN Sumenep pada Selasa...

MEMOonline.co.id, Bogor- Jajaran Direksi Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menyapa para pelanggan teladan di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tirta...

Komentar