Fenomena Anak Zaman Now, Narkoba dan Pramuka

Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Saka Bahari 'Srigala Samudera' Kabupaten Bekasi
926
ad

MEMOonline.co.id. Bekasi- Tambun Selatan, Satuan Karya Pramuka Bahari atau biasa disebut Saka Bahari merupakan wadah bagi Pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian termasuk laut dan perairan dalam.

Pembinaan Saka Bahari bekerjasama dengan pihak TNI AL, Profesional di bidang Olahraga Air, Departemen Pariwisata dan Departemen Kelautan. Umumnya Saka Bahari hanya berada di wilayah yang memiliki potensi di bidang Bahari.

Saka Bahari meliputi 4 krida, yaitu:
 

  1. Krida Sumberdaya Bahari

  2. Krida Jasa Bahari

  3. Krida Wisata Bahari

  4. Krida Reksa Bahari

Tekait hal tersebut, Bertempat di SDN 04 Mekarsari Tambun Selatan, para pelajar SMA/ SMK/  dan SMP/ Mts perwakilan dari Kabupaten Bekasi, Bekasi Kota dan DKI Jakarta mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan Pramuka Saka Bahari pada Sabtu,(10/02/2018).

Acara pelatihan dan pendidikan Saka Bahari direncanakan selama 2 hari (10-11/02/2018) tersebut dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada semua anggota Pramuka Saka Bahari agar menyadari tanggung jawabnya sebagai tunas harapan Bangsa, meningkatkan ilmu, kecakapan dan kemampuannya untuk memanfaatkan dan melestarikan potensi bahari.

Selain itu juga untuk membina jiwa kebaharian warisan nenek moyang bangsa Indonesia, menjadikan laut sebagai alat pembinaan rasa persatuan dan kesatuan Bangsa, membina keberanian untuk menghadapi segala tantangan di laut demi kejayaan, Bangsa dan Negara. 

“ Saya sangat mengapresiasi semangat para pelajar ini dalam mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan Saka Pramuka Bahari kali ini,” ucapnya.

Selain itu peserta pelatihan dan pendidikan ke Saka Baharian para peserta mendapat pengetahuan tentang bahaya Narkoba.

Menurut Ketua Pimpinan Pramuka Satuan Karya Bahari Kabupaten Bekasi (Kapin Saka Bahari), Letnan Kolonel Laut Yanto Suryanto, SH. MH, penting bagi anak zaman now utamanya para pelajar untuk tidak membuang waktu senggangnya dengan kegiatan yang dapat merugikan diri-sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya waktu senggang digunakan untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat.

“Kegiatan pendidikan dan pelatihan Saka Bahari ini dimaksudkan untuk dapat mengisi waktu senggang para pelajar ini. Selain itu untuk menambah pengetahuan tentang ke-Saka Baharian,” ucapnya ketika wawancara dengan Memoonline.co.id. Sabtu (10/02/2017) malam.

Ketika ditanya fenomena tentang anak zaman now dengan semakin merajalelanya penyalahgunaan narkoba, Perwira yang bertugas di Dinas Hukum Angkatan Laut ini menjelaskan bahwa penggunaan obat atau zat psikotropika ini hanya untuk kepentingan kesehatan saja. Selain itu tidak boleh.

“Penggunaan obat atau zat psikotropika ini hanya untuk kepentingan kesehatan saja. Selain itu tidak boleh,” pungkasnya tegas. (Bam/ Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar