Musrenbangcam Batang-Batang 2018, Pemberdayaan dan Potensi Desa Jadi Prioritas

Foto: Kegiatan musrenbangcam di Kecamatan Batang-Batang Sumenep
1362
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep -Menindak lanjuti usulan yang dihasilkan dalam musyawarah perencanaaan pembangunan desa (Musrenbangdes), pemerintah  Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Jawa timur, menggelar musrenbangcam Musyawarah perencanaan pembangunan Kecamatan (musrenbangcam), Rabu (14/2/2018). 

Acara yang diikuti seluruh desa yang ada, digelar di aula Kecamatan Batang-batang.

Menurut PLT Camat Batang-batang, Ibnu Fajar Mengatakan dalam forum Musrenbagdes, selain pemaparan skala prioritas yang dilaksanakan pada tahun 2018, juga program usulan untuk kegiatan tahun 2019 mendatang. 

Mengenai skala prioritas, lanjut Ibnu, Kami menekankan kepada Desa yang ada di Batang-batang agar tidak hanya pada pembangunan infrastruktur saja, alangkah baiknya jika Desa juga memperioritaskan pemberdayaan masyarakat untuk menunjang prekonomian yang ada di Desa.

"Jadi skala prioritas itu tidak hanya pada pembangunan atau perbaikan jalan terus, pemberdayaan masyarakat juga penting bagi masa depan desa. Ini merupakan salah satu cara untuk membentuk Desa yang maju dan mandiri," jelasnya.

Selain itu, potensi alam yang ada di Kecamatan Batang-batang mempunyai nilai tawar yang cukup bagus, baik dari sektor pertanian maupun panorama alam yang cukup menggoda.

"Jika masyarakat Desa mampu mengelolah potensi itu dengan baik, impian Desa maju dan mandiri akan menjadi sebuah kenyataan," paparnya.

Mengenai hal itu, Ibnu, Mencontohkan Desa Pujon Kidul, Malang yang masuk Desa wisata terbaik kategori agro.

Dan desa maju yang seperti itu, setidaknya bisa di jadikan motivasi bagi Desa Desa yang ada di Kecamatan Batang-batang kedepannya.

Sehingga Pendapatan Asli Desa (PAD) juga meningkat.

"Sebenarnya kita tinggal membuka kesadaran masyarakat bahwa maju tidaknya Desa tergantung dari bagaimana masyarakat mengelolanya, tergantung kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. 

Semua ini dapat terwujud melalui pelatihan pelatihan untuk mengembangkan SDM yang ada di Desa," ungkapnya. (Kris/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Poli Onkologi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui BKPSDM resmi mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS tahun...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika terus mengembangkan Sistem Informasi Keselamatan...

MEMOonline.co.id, Bali- Di era digital yang semakin maju, kehadiran content creator menjadi salah satu pilar penting dalam dunia kreatif. Gussdian,...

MEMOonline.co.id, Sampang- S inisial (54), seorang perempuan warga desa Blu'uran, kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur...

Komentar