Disbudporapar Sumenep Manjakan Pengunjung Wisata Dengan Aplikasi QRIS

Foto: Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan
1159
ad

MEMOonline.co.id,Sumenep- Guna memberikan pelayanan yang mekasimal bagi pengunjung wisata, Disbudporapar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus melakukan inovasi.

Buktinya, saat ini Disbudporapar Sumenep telah menggunakan QR-Code Indonesian Standard (QRIS) saat melakukan penarikan retribusi di tempat wisata maupun sewa fasilitas olahraga.

Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan menyampaikan, penerapan digitalisasi seperti itu sangat penting dalam mempermudah pengunjung.

Terutama, kata Iksan, saat melakukan pembayaran tiket di tempat wisata dan sewa fasilitas olahraga. Sehingga, lebih cepat dan efisien.

”Para pengunjung dan penyewa yang tidak membawa uang tunai bisa langsung menggunakan QRIS,” kata Iksan dalam keterangannya, Minggu (2/6).

Iksan menilai, penggunaan QRIS membuktikan bahwa Pemkab Sumenep terus melakukan inovasi dari segala sektor.

”Meski kami berada di kabupaten paling timur di Pulau Madura, tapi kami sudah merambah ke sistem digital,” ujar Iksan.

Pihaknya menjelaskan, bahwa dengan adanya QRIS, Disbudporapar dapat memonitoring dan mengetahui capaian PAD setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, bahkan setiap tahun.

”Ini demi mempermudah kami untuk memonitor capaian PAD di sektor pariwisata maupun penyewaan fasilitas olahraga,” tutur Iksan.

Menurut Iksan, sistem digital tersebut terwujud berkat kerja sama antara Pemkab dengan Bank Jatim.

”Karena tidak semua wisatawan memiliki M-banking, kami juga menyediakan petugas untuk melayani pembayaran secara tunai. Kami juga melakukan sosialisasi agar warga terbiasa membayar secara nontunai,” pungkasnya.

Penulis     :   Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar