Pemkab Sumenep Percepat Realisasi Dana Cukai 2024, Fokus Kesejahteraan dan Penegakan Hukum

Foto: Dadang Dedy Iskandar, SH, M.H., Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.
1016
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemerintah Kabupaten Sumenep terus mempercepat penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2024.

Hingga triwulan ketiga, realisasi di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penerima anggaran telah mencapai 60-70 persen.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep, Dadang Dedy Iskandar, SH, M.H., mengungkapkan bahwa sebagian besar program telah berjalan lancar, khususnya di bidang kesejahteraan masyarakat, kesehatan, dan penegakan hukum.

**Bidang Kesehatan:**

Melalui Dinas Kesehatan dan RSUD dr. H. Moh. Anwar, dana DBHCHT digunakan untuk Universal Health Coverage (UHC) dan pengadaan obat-obatan.

"Dengan alokasi ini, kami berharap layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya pengguna BPJS, terus meningkat," ujar Dadang.

**Bidang Kesejahteraan Masyarakat:**

DBHCHT di Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial P3A, dan Dinas Ketenagakerjaan dialokasikan untuk membantu buruh tani, petani tembakau, serta pengadaan alat pertanian.

Sebanyak 2.500 penerima BLT dari kalangan petani akan mendapatkan bantuan sebesar Rp900.000 yang disalurkan dalam tiga bulan.

**Bidang Penegakan Hukum:**

Satpol PP dan Dinas Koperasi serta UKM menggunakan dana tersebut untuk memberantas rokok ilegal dan menyelesaikan pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT).

"Kami berharap KIHT segera beroperasi untuk mendukung industri tembakau di Sumenep," jelas Dadang.

Sementara itu, Pemkab Sumenep juga berkomitmen memastikan pengawasan ketat dalam penggunaan DBHCHT agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Penulis    :   Alvian

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pemkab Sumenep di bawah kepemimpinan Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo telah mengalokasikan Rp 7,9 miliar untuk mendukung...

MEMOonline.co.id, Jember- Calon Bupati Jember nomor urut 2, Muhammad Fawait, kembali mencuri perhatian publik dengan aksi ekstremnya....

MEMOonline.co.id, Jember- Jalan Muhammad Fawait menuju kursi Bupati Jember mendapat rintangan, meski dukungan masyarakat kuat. Belakangan ini, lawan...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Gus Imron Fauzi pengasuh Pondok Pesantren An Nur Azzahra mengucapkan terimakasih pada Indah Amperawati - Yudha Adji...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumenep menerima alokasi anggaran Rp3,42...

Komentar