Begini Harapan Camat Lenteng Dalam Kegiatan Musrenbangdes 2018

Foto: Camat Lenteng, Joko Satrio. Pada Saat Kegiatan Musrenbang Di Salah Satu Desa Kecamatan Lenteng.
1795
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Camat Lenteng, Kabupaten Sumenep, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2018 wadah penyampaian aspirasi kebutuhan pembangunan desa secara optimal.

Camat Lenteng Joko Satrio menjelaskan, untuk menyusun perencanaan program dan menetapkan prioritas pembangunan desa, Pemerintah Desa hendaknya memperhatikan aspirasi masyarakat dan mempertimbangkan tingkat kemendesakan/urgensi dari pembangunan tersebut. Selain itu, Kepala desa juga harus mempertimbangkan pula dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat .(Senin 22 Jan 2017)

"Kegiatan musrenbangdes, tidak hanya menjadi suatu rutinitas tahunan dalam perencananan. Tetapi hasilnya diharapkan bisa mengakomodir setiap harapan masyarakat, sehingga kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan benar-benar dirasakan oleh masyarakat” katanya.

Kemudian Joko Melanjutkan, Program pembangunan yang disusun oleh Pemerintahan Desa apabila sudah disahkan sebagai APBDes tentunya  juga harus disampaikan kepada masyarakat, dan yang terpenting  pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Setiap program yang di rencanakan oleh desa, apabila sudah disahkan sebagai APBDes maka wajib di publikasikan terhadap masyarakat melalui pemasangan baliho/banner di Balai Desa atau tempat strategis lainnya, sehingga masyakat itu mengetahui apa program yang dilakukan pemerintah desa dan berapa besar anggarannya “ lanjutnya.

Ia menambahkan, Musrenbangdes 2018 ini bisa menghasilkan sebuah usulan untuk program percepatan pembangunan di desa setempat.

"Dalam kegiatan musrenbangdes tahun 2018 ini selain menyampaikan apa program pemerintah desa pada tahun ini dan sebelumnya, juga menghasilkan daftar usulan program dan kegiatan pembangunan yang akan diusulkan ke pemerintah kabupaten, propinsi maupun pusat.”

Selain itu, Joko Satrio menambahkan bahwa untuk Musrenbangdes 2018 ini, pemkab Sumenep sudah mulai mengaplikasikan e-planning. Sehingga usulan hasil musrenbangdes sudah harus di inputkan ke database secara online.

Dengan tegas ia menambahkan, dalam membangun desa, seharusnya pemerintah desa itu mengikut sertakan masyarakat setempat dalam program  pembangunan yang di lakukan, sehingga masyarakat itu bisa secara nyata membantu suksesnya program yang direncanakan oleh pemerintah desa.

"Keikut sertaan masyarakat dalam program membangun desa harus di tingkatkan mulai dari tahapan perencanaan, sehingga dengan peningkatan peran masyarakat dalam hal ini bisa menunjang suksesnya pembangunan desa”, tegasnya. (Nafi)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Karnaval dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 sukses menarik perhatian ribuan warga Desa Suren, Kecamatan Ledokombo,...

MEMOonline.co.id, Sumenep- 100 Kalender Event yang digagas Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep tahun 2024 menimbulkan...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember...

MEMOonline.co.id, Jember- Pembangunan rabat beton di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kabupaten Jember, yang masih tergolong baru, kini menuai...

MEMOonline.co.id, Jember- Proyek pengaspalan jalan di Dusun Lengkong Toko, Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, menuai keluhan dari warga...

Komentar